• April 21, 2024
  • Last Update April 13, 2024 12:37 am

Kontributor

Halo, Sobat Warta! Saat ini, Warta Kema telah membuka kesempatan bagi kalian yang ingin mengirimkan tulisannya untuk diunggah di website dan media sosial kami, loh! Sebelum itu, yuk baca ketentuan setiap rubriknya di bawah ini!


  1. Opini

Tulisan opini merupakan tulisan yang berisi opini penulis mengenai topik yang menjadi perhatian penulis dan fenomena yang sedang terjadi. Tulisan opini bisa bertema sosial, ekonomi, politik, seni, budaya, sejarah, dan hal lainnya yang tidak mengandung unsur SARA, hoax, dan ujaran kebencian. Tulisan opini berisi minimal 600 kata.

  1. Artikel Bebas

Artikel bisa menggunakan bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia dengan tema artikel bebas, bisa mengenai unpad dan jatinangor, isu nasional, isu internasional, isu populer, dan lain sebagainya. Panjang tulisan artikel minimal 500 – 1500 kata. Mencantumkan hasil wawancara dengan narasumber dan kesediaan wawancara jika artikel mencantumkan kutipan dari narasumber.

  1. Resensi/ulasan

Resensi buku, film, musik/album, dan pertunjukkan panggung ditulis dengan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dengan panjang tulisan 500 – 1000 kata. Tulisan disertai dengan gambar/foto sampul buku, film, album, atau foto pertunjukkan.

  1. Cerpen

Cerpen dengan tema bebas ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Cerpen tidak mengandung unsur SARA dan ditulis dengan panjang 1000 – 3000 kata.

  1. Puisi

Puisi ditulis dengan gaya bahasa dan tema yang bebas. Puisi menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Puisi berupa kompilasi yang berisi 3 – 5 puisi


Tata Cara Pengiriman Tulisan Kontributor Warta Kema


  • Tulisan dikirim melalui badan (body) surel redaksiwartakemaunpad@gmail.com dengan judul (subject): Nama Rubrik_Judul Tulisan (contoh: Artikel_Menilik Kegiatan Hybrid di Unpad)

  • Melampirkan foto/gambar ilustrasi dan mendeskripsikan foto/gambar yang dicantumkan untuk diunggah bersama dengan tulisan berformat jpeg/jpg/png.

  • Mencantumkan sumber referensi yang digunakan (jika ada)

  • Mencantumkan identitas penulis (nama lengkap, asal instansi, nomor kontak, akun media sosial jika ada)