Unsplash/Jorge Fernández Salas

Aneksasi wilayah Jerusalem Timur oleh pemerintah Israel yang telah berlangsung selama beberapa dekade lalu, kini kembali menjadi topik perbincangan yang hangat di dunia maya. Pasalnya, penduduk Palestina di wilayah Sheikh Jarrah, Jerusalem Timur kembali menghadapi pengusiran paksa dari tempat tinggal yang sudah lama mereka huni. Putusan pengadilan negeri Israel juga telah menetapkan 4 keluarga Palestina untuk meninggalkan Sheikh Jarrah per tanggal 2 Mei 2021 lalu, diikuti dengan 4 keluarga lainnya pada bulan Agustus mendatang. Pengusiran paksa tersebut tidak terlepas dari aksi kekerasan serta penindasan tanpa pandang bulu terhadap penduduk Palestina oleh aparat Israel. 

Di bawah payung hukum internasional, pengusiran paksa dapat mengarah pada kejahatan perang. Namun tidak menurut hukum Israel, Absentee’s Property Law 1950 yang mendorong terjadinya pengusiran dan penyitaan tanah. Secara praktik, penduduk Palestina diizinkan untuk mengajukan banding kepada pengadilan negeri Israel, namun, pada realitanya pengadilan biasanya menolak untuk melakukan pengecekan terhadap dokumen hak kepemilikan properti penduduk Palestina.

Lantas, apa saja sih dukungan yang dapat Sobat Warta berikan untuk Palestina? Yuk, simak kompilasi dukungan untuk Palestina versi Warta Kema berikut ini!

1. Stay educated

Edukasi merupakan upaya mendasar yang dapat dilakukan oleh siapa saja. Riset kecil secara mandiri bisa kita lakukan melalui sumber yang mudah diakses, seperti Instagram, YouTube, dan situs media online lainnya. Situs edukasi seperti decolonizepalestine.com dan act.id/palestina/ adalah dua opsi sumber terpercaya yang dapat dijadikan rujukan belajar. Eits, tapi ingat, nggak semua sumber dapat dikunyah secara mentah-mentah ya, Sobat Warta! 

2. Melihat dari Kacamata Palestina

Sebagai ally dari Palestina, penting bagi kita untuk coba pahami dan dengar berbagai fenomena yang terjadi dari sudut pandang penduduk Palestina. Jika meminjam istilah dalam ilmu Antropologi, hal ini dapat berarti “Emik” atau native point of view. Melalui Emik, kita dapat lebih memahami realita yang terjadi pada penduduk Palestina serta tuntutan apa saja yang mereka bawa. Emik juga membawa kita untuk memposisikan diri sebagai bagian dari Palestina; ikut berempati dan merasakan apa yang dirasakan oleh mereka. Seakan-akan kita menjadi satu bagian yang utuh dengan Palestina.

3. Spread the words!

Penyebaran informasi tidak melulu harus melibatkan atensi yang besar dari banyak orang. Dengan membuka ruang diskusi mengenai Palestina bersama keluarga atau teman, cakrawala pengetahuan lingkungan sekitar kita pun bertambah luas.

Cara praktis lain yang dapat dilakukan adalah dengan menyebarkan informasi melalui platform media sosial pribadi. Contohnya seperti me-repost via Instagram story, retweet via Twitter, menggunakan tagar #FreePalestine serta #SaveSheikhJarrah pada cuitan yang akan Sobat Warta buat. Trik ini juga berfungsi untuk mempertahankan euforia isu agar tidak cepat reda termakan oleh isu-isu lainnya. Don’t be silent and share what is happening!

4. Donasi

Bentuk dukungan berikutnya adalah donasi dengan cara menyisihkan sebagian dana yang kita punya. Donasi dapat diberikan pada penggalang dana yang terpercaya dan memiliki rekam jejak yang jelas, seperti Act for Humanity (ACT) dan Dompet Dhuafa. Berikut ini adalah kompilasi tautan donasi yang telah Warta Kema kurasi untuk Sobat Warta:

  1. https://kitabisa.com/campaign/letshelppalestina  
  2. https://kitabisa.com/campaign/sumurwakafpalestina 
  3. https://kitabisa.com/campaign/indonesiabantupalestina
  4. https://indonesiadermawan.id/campaign/10484/rebut-kembali-palestina-dengan-sedekah-terkuatmu 
  5. https://donasi.dompetdhuafa.org/jagapalestina/ 

Pada era digital seperti saat ini, donasi juga dapat dilakukan dengan cara menonton video YouTube tertentu tanpa men-skip iklan atau ads yang muncul pada video tersebut. Berikut ini adalah tautan video yang telah Warta Kema kumpulkan untuk Sobat Warta:

  1. https://www.youtube.com/watch?v=K0d1n0Vm8WU 
  2. https://www.youtube.com/watch?v=Gn9HFOyvyxQ&feature=youtu.be 

Ingat! Jangan skip video-nya ya, Sobat Warta!

Dan yang terakhir, Sobat Warta juga dapat mengunjungi situs Arab.org, lalu pilih ‘Palestine’ kemudian klik ‘click to help’ dan donasi kalian sudah otomatis terverifikasi langsung oleh UNRWA.

5. Berdoa

Berdoa merupakan bentuk dukungan yang paling mudah dan praktis dapat dilakukan di mana saja. Khususnya dalam momentum ini, berdoa dapat menjadi obat penenang bagi para umat pemeluk agama di tengah maraknya kekerasan yang melanda Palestina. Berdoa juga berarti kita memanifestasikan hal-hal baik dalam hidup kita dan menjauhkan hal-hal buruk untuk terjadi. Oleh karena itu, tetap berdoa dan jangan remehkan kekuatan doa ya, Sobat Warta!

It’s not about supporting the Palestinian authority, it’s about solidarity with the Palestinian people in what they are facing. Just like it’s not about being against all Israeli citizens but the actions of the Israeli state. (@WeightmanJane from twitter)

Nah, itulah lima bentuk dukungan sederhana yang dapat Sobat Warta terapkan. Kira-kira bentuk dukungan mana nih yang sudah Sobat Warta lakukan?

Penulis: Andi Tiara

Editor: Hanif Musyaffa

 28 total views,  2 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published.