Halo, sobat Warta! Pada Photostory kali ini, Departemen Fotografi Warta Kema bakal ngajak sobat Warta keliling Erasmus Huis nih. Sebelumnya, apa sih Erasmus Huis itu? 

Erasmus Huis adalah Pusat Kebudayaan Belanda yang berlokasi di Kedutaan Besar Belanda tepatnya di Jakarta Selatan. Biasanya, Erasmus Huis mengadakan pameran bertema seni dan budaya seperti musik, sejarah, film, dan lainnya. 

Sejak bulan Maret hingga Juni ini, Erasmus Huis mengadakan pameran bertema I Love Banda: a Photography Exhibition by Isabelle Boon. Pameran ini berisi berbagai domentasi dan sejarah mengenai kepulauan Banda, Maluku Tengah.

Terdapat berbagai foto mengenai kehidupan masyarakat Banda, hingga audio visual dari wawancara dengan warga Banda yang dapat didengarkan melalui headphone yang telah disediakan.

Isabelle juga menyajikan pameran ini dengan figur beberapa anak remaja Banda mengenai mimpi, harapan, dan cita-cita mereka melalui potongan cerita.

Tidak hanya pameran, di dalam Erasmus Huis juga terdapat perpustakaan dengan kapasitas yang dibatasi selama pandemi yaitu maksimal 15 orang. Melewati pintu keluar perpustakaan akan didapati kantin yang cukup luas. Selain itu, pada lantai dua terdapat ruang auditorium yang menurut informasi dari satpam di sana bahwa mulai pukul dua siang hingga sore diadakan nobar berupa film-film sejarah maupun budaya sampai periode bulan Juli.

Penulis: Sarah Fauziah

Fotografer: Sarah Fauziah

Editor: Sarah Fauziah

Leave a Reply

Your email address will not be published.