Sumber : facebook.com

Halo, sobat warta! masa kuliah menjadi sebuah tantangan bagi mahasiswa, karena mereka mulai beranjak dewasa dan mengelola kehidupannya sendiri. Terlebih lagi jika memilih kampus yang jauh dari tempat tinggal akan membuat mahasiswa semakin memiliki tantangan untuk mengatur kehidupan mereka sendiri karena jauh dari keluarga.

Sebagai seorang mahasiswa rantau, sudah seharusnya mulai belajar untuk mengelola kehidupan sendiri, terutama untuk mahasiswa rantau yang tinggal di kos. Warta Kema memiliki beberapa tips untuk mengelola keuangan yang sederhana namun efektif untuk mahasiswa rantau. 

  1. Niat

Hal pertama yang harus dilakukan yaitu memiliki niat yang kuat untuk mau berusaha mengelola keuangan dengan baik. Tanamkan dalam diri sendiri bahwa pengelolaan keuangan ini penting. karena harus dilakukan secara konsisten. Jika sudah memiliki niat dan kesadaran, kita bisa lanjut ke langkah selanjutnya.

  1. Mencatat Sumber-Sumber Pemasukan

Setelah niat, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan mencatat sumber pemasukan. Skala waktu pencatatan menyesuaikan dengan diri masing-masing. Disarankan dalam jangka waktu satu bulan, agar ketika kita memiliki pemasukan per minggu, maka bisa diakumulasi untuk satu bulan. Pencatatan bisa dilakukan secara manual melalui tulisan dan lewat berbagai aplikasi digital untuk mencatat.

  1. Mulai Mencatat Pengeluaran, dengan Membedakan antara Kebutuhan dan Keinginan

Dalam mencatat pengeluaran, hal sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Hal ini bisa dituliskan dalam bentuk skala prioritas. Ada kalanya kita membeli sesuatu secara berlebihan, tanpa menyadari ada hal lain yang lebih penting.

Agar tidak belanja secara berlebihan, yang harus dilakukan adalah dengan membuat skala prioritas. Barang yang ingin kita beli, baik dalam jangka waktu panjang maupun pendek, sebaiknya ditulis dan diurutkan berdasarkan prioritasnya. Urutan prioritas bisa dimulai dari kebutuhan sehari-hari seperti uang makan, transport, ataupun yang sifatnya keinginan.

  1. Sisihkan Uang untuk Dana Darurat

Penting bagi perantau untuk menyisihkan sebagian kecil dari uang yang didapat untuk disimpan sebagai dana darurat. Dana darurat sendiri baru akan terasa kegunaannya, apabila terjadi suatu hal yang membutuhkan dana secara mendadak. Sedangkan untuk tabungan bisa digunakan untuk membeli sesuatu yang direncanakan atau sekadar untuk disimpan.

  1. Lakukan Secara Konsisten

Setelah melakukan tips sebelumnya secara rutin, selangkah demi selangkah akan menjadi sebuah kebiasaan baik yang akan mengakar pada diri kita. Mungkin prosesnya memang tidak instan, namun, jika bukan sekarang, kapan lagi?

Tips di atas bisa diterapkan untuk mengelola keuangan, terutama untuk mahasiswa rantau. Langkah-langkahnya bisa disesuaikan dengan kenyamanan masing-masing. Maka dari itu, perantau harus memulai untuk mengelola keuangan sejak dini. Jangan anggap pengelolaan uang menjadi sebuah beban, namun anggaplah menjadi sebuah hal yang bermanfaat bila dibiasakan. Mungkin dampaknya tidak akan terasa sekarang, tetapi, kebiasaan-kebiasaan baik yang dilakukan secara terus menerus akan kita terasa manfaatnya. 

Penulis : Jeania Ananda Malik

Editor : Fahmy Fauzy Muhammad

Leave a Reply

Your email address will not be published.