Youth Today x Global Volunteer 2024 Sukses Ciptakan 122 Global Impact Leaders

Jatinangor, 29 April 2024 – AIESEC in Unpad telah sukses menyelenggarakan Youth Today x Global Volunteer pada Sabtu, 27 April 2024 secara daring melalui zoom meeting. Acara yang diikuti oleh 122 peserta ini bertemakan “Global Impact Leaders: Self Exploration Across the Globe”, dengan tujuan untuk menyediakan generasi muda sebuah wadah pengembangan skill kepemimpinan dan peningkatan pengalaman.

Youth Today x Global Volunteer AIESEC in Unpad

Acara Youth Today ini terdiri dari rangkaian aktivitas yang dapat membantu peserta mengembangkan potensi diri secara penuh, diantaranya dua buah session dan workshop. Session pertama dibawakan oleh Sekar Mahaning Rasasti M.Psi. yang merupakan seorang psikolog klinis. Dengan tema “Self Actualization in Leadership”, Sekar menjelaskan pentingnya aktualisasi diri dan kecerdasan emosional untuk menjadi seorang pemimpin.

Berdasarkan penjelasan Sekar, aktualisasi diri adalah proses memaksimalkan potensi dan sumber daya dengan sifat yang dimiliki setiap orang. Aktualisasi diri membuat setiap individu untuk berkembang sesuai yang diinginkan, yang orang lain harapkan, dan yang harus dijalani. Setelahnya, Sekar juga mengelaborasi bahwa aktualisasi diri dapat tercapai dengan kecerdasan emosional, dimana individu bisa berkembang secara optimal dengan stress yang terkendali dan kesehatan yang terjaga. 

Untuk mendukung proses aktualisasi diri, peserta mengikuti workshop interaktif selama 15 menit dengan journaling. Sesi ini dibuka dengan peserta menjawab pertanyaan seputar observasi dan self-coaching. Setelahnya, Personal Satisfaction Ratings dilakukan dengan menilai dari 0 sampai 10 seberapa puas peserta terhadap diri masing-masing pada berbagai aspek, seperti: (1) work-life balances, (2) keuangan, (3) hobi, (4) teman dan keluarga, dan lain–lain.

Globally Impactful Leaders: Self-Discovery Journey Session oleh Shareva Fatimah Azzahra
Globally Impactful Leaders: Self-Discovery Journey Session oleh Shareva Fatimah Azzahra

Shareva Fatimah Azzahra, Market Research Manager di DANA membawakan sesi kedua yang bertemakan “The Self Discovery Journey of Globally Impactful Leader”. Fatimah memulai sesi kedua ini dengan memperkenalkan DANA sebagai perusahaan yang bergerak di layanan keuangan digital, dan dilanjutkan dengan menjelaskan pengalaman kerjanya di industri media dan fintech. Menurut Fatimah, penting bagi pemuda untuk punya global mindset dan memanfaatkan global opportunities selama membangun karir. 

Acara ini selanjutnya diisi dengan global volunteer information booth yang dibuka oleh dua orang exchange participants atau EP. EP pertama adalah Aghnia Sabila yang merupakan mahasiswa Universitas Padjadjaran. Aghnia menceritakan pengalaman volunteering-nya menjadi guru Bahasa Inggris di Thailand selama 3 bulan.

Global Volunteer Information Booth oleh Aghnia Sabila
Global Volunteer Information Booth oleh Aghnia Sabila

EP kedua adalah Nguyen Ngoc Cam Ly, yang merupakan seorang anggota International Relations dari AIESEC in The National Economics University (NEU) di Vietnam. Nguyen berfokus menjelaskan akomodasi yang akan disediakan AIESEC untuk calon EP yang menjadi volunteer di Vietnam. 

Setelah sesi Nguyen, Alexandra Lea dari tim Outgoing Global Volunteer (oGV) memperkenalkan AIESEC dan mendeskripsikan proses pendaftaran untuk menjadi seorang Global Volunteer. Tim oGV juga membuka sesi pertanyaan untuk peserta yang tertarik dengan program GV.

Grasella Shofa, salah satu peserta Youth Today, menyatakan senang bisa merasakan keseruan selama Youth Today. Grasella mengatakan bahwa sesi pertama mengenai aktualisasi diri adalah yang paling berkesan. “Aku dipercaya sebagai wakil ketua di organisasi, dan aku jadi sadar akan pentingnya memperbaiki kecerdasan emosional. That’s why aku pilih sesi Kak Sekar yang paling berkesan. But, dua-duanya tetap keren dan bermanfaat,” ujar Grasella.

Youth Today x Global Volunteer memiliki aktivitas lain seperti sesi games untuk meningkatkan semangat peserta, dan juga pemberian rewarding and recognition (RnR) bagi peserta yang aktif. Para pemenang menerima apresiasi berupa gold ticket untuk Bandung x Beauty dari Female Daily, e-voucher dari Biro Psikologi Dinamis, gantungan kunci dan stiker dari ATMA, dan produk minuman dari Realfood.

Tim Youth Today x Global Volunteer AIESEC in Unpad
Tim Youth Today x Global Volunteer AIESEC in Unpad

Diharapkan dengan adanya Youth Today x Global Volunteer, para peserta bisa mulai mengembangkan skill kepemimpinan dengan aktualisasi diri dan kecerdasan emosional. Para peserta juga diharapkan mampu memanfaatkan seluruh potensi yang dimiliki dengan baik, sehingga dapat menjadi seorang “globally impactful leader” selanjutnya.

 

 

Tentang AIESEC

AIESEC adalah organisasi pemuda global, independen, non-partisan, dan nirlaba. Sejak 1948, kami memberikan kesempatan kaum muda untuk mengeksplorasi dan mengembangkan potensi kepemimpinan mereka. Kami adalah jaringan global para pemimpin muda di bawah usia 30 tahun yang berusaha menjadi lebih baik bagi diri mereka sendiri dan komunitas di sekitar mereka. AIESEC in Indonesia didirikan pada tahun 1984 sebagai entitas negara resmi AIESEC Internasional. Kami berbagi nilai dan pesan yang sama dengan setiap AIESEC di negara lain. 

AIESEC di Unpad pertama kali berdiri pada tahun 1989 di bawah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran. Berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Padjadjaran Nomor: 1270/UN6.RKT/Kep/HK/2020, AIESEC di Unpad diakui sebagai salah satu UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) di Universitas Padjadjaran. Tujuan kami adalah menjadi tempat yang aman bagi kaum muda untuk belajar sehingga kita dapat menyebarkan manfaat yang lebih luas bagi sekitar, salah satunya melalui AIESEC Future Leaders.

Keterangan lebih lanjut:

Marco Dignity Sianipar
Staff of Media Activation
AIESEC in Unpad
Email: marcodignity@aiesec.net
Mobile: (62) 812 8193 0405

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *