diskusi lppmd unpad
Kegiatan bedah buku LPPMD Unpad (sumber: Dokumentasi LPPMD Unpad)

Lembaga Pengkajian & Pengabdian Masyarakat Demokratis Universitas Padjadjaran (LPPMD Unpad) berdiri pada 16 Maret 1999. Tujuan dibentuknya LPPMD adalah untuk menyediakan wadah bagi mahasiswa yang memiliki minat dalam kegiatan pengkajian isu dan fenomena dalam masyarakat. Cocok nih buat Sobat Warta untuk mengasah kemampuan analitis dan berpikir kritis.

Sesuai namanya, LPPMD adalah wadah yang diperuntukan kepada mahasiswa Unpad untuk mewujudkan mahasiswa Unpad yang demokratis. Dengan adanya hadirnya LPPMD, mahasiswa Unpad diharapkan punya iklim demokrasi yang baik. 

“LPPMD memiliki visi untuk mewujudkan kehidupan sosial yang demokratis—tegaknya keadilan sosial, kesetaraan, dan partisipasi aktif—sehingga dalam kehidupan bernegara, kedaulatan benar-benar ada di tangan rakyat,” ujar Raffyanda, Ketua Umum LPPMD Unpad.

“Dalam tataran universitas, LPPMD berupaya untuk mewujudkan Unpad sebagai “Kampus Pembebasan,”. Hal ini dapat dicapai dengan konsep pendidikan yang mendewasakan, memberdayakan, serta membebaskan—dengan infrastruktur yang unggul dan manusia yang kritis—sehingga Unpad mampu menjadi Research University dan menjadi kampus yang benar-benar berpihak pada rakyat.” lanjutnya.

Diskusi isu-isu terkini, bedah buku, sampai penulisan kajian tentang suatu isu adalah contoh kegiatan yang biasanya dilakukan oleh LPPMD. Menurut Fikri, Kepala Divisi Media LPPMD, banyak ilmu yang tidak diperoleh dari perkuliahan di LPPMD. Diskusi dalam perkuliahan terjadi antara dosen sama mahasiswa yang kerap kali komunikasi yang terjadi hanya satu arah, berbeda dengan diskusi di LPPMD yang terjadi dua arah dan lebih bebas mengemukakan pendapat.

diskusi lppmd unpad
Kegiatan diskusi LPPMD Unpad (Sumber: Dokumentasi Pribadi LPPMD Unpad)

Selain kegiatan diskusi, LPPMD juga beberapa kali mengadakan kegiatan bedah buku. LPPMD bahkan pernah mengundang langsung penulis bukunya. LPPMD juga berencana menerbitkan majalah bernama Aufklärung dalam beberapa waktu ke depan yang isinya adalah karya tulisan dari para anggota LPPMD. 

Gimana nih Sobat Warta? banyak kegiatan seru dan bermanfaat buat Sobat Warta yang mau berkembang dan belajar. Untuk Sobat Warta yang berminat buat gabung di LPPMD, biasanya mereka membuka penerimaan anggota baru setiap satu semester sekali. Apakah kamu tertarik untuk jadi bagian dari LPPMD Unpad?.

 

Reporter: Bentang Sasmita

Editor: Hatta Muarabagja

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.