Kantin Shodokou Unpad
(Anastasia Gabrielle/Warta Kema)

Shokudou merupakan salah satu kantin yang cukup beken di kalangan mahasiswa Unpad. Kantin ini berada di Fakultas Ilmu Budaya, tepatnya di kawasan Pusat Studi Bahasa Jepang (PSBJ). Tajuk “Shokudou (食堂)” sendiri diambil dari bahasa Jepang yang berarti cafeteria atau kantin. Jika dibandingkan dengan kantin-kantin lain yang ada di Unpad, banyak yang menilai kantin Shokudou karena memiliki nuansa seperti di negeri sakura. Kira-kira hal apa sih yang membuat kantin ini dapat dikatakan demikian? Yuk kita simak pembahasannya!

  • Bangunan kantin
Bentuk Kantin Shokudou
(Anastasia Gabrielle/Warta Kema)

Buat yang sudah pernah berkunjung ke kantin shokudou, pasti tau bahwa bangunan kantin ini beda dari yang lain. Bangunan kantin shokudou sangat unik karena bentuknya mirip seperti rumah tradisional jepang. 

 

Keunikan kantin ini diamini oleh Gina, salah seorang pengunjung kantin yang merupakan mahasiswa FIB Unpad. 

 

“Keunikan dari kantin ini sih dari segi bangunannya, ngikut style bangunan jepang gitu, terus di temboknya ada beberapa logo bertuliskan bahasa jepang,” ujarnya. 

Lokasi bangunan kantin tepat berada di tengah-tengah lingkungan PSBJ. Tidak mengherankan jika kantin ini ramai dikunjungi oleh para mahasiswa karena letaknya yang strategis. 

  • Kolam ikan

Kolam yang berada dekat dengan bangunan kantin ini juga tidak kalah menarik. Hal pertama yang akan memanjakan mata kalian ketika datang ialah kolam yang berada di depan pintu masuk dari kantin ini. Para mahasiswa sastra jepang mengenalnya dengan sebutan “Ike” yang dalam bahasa jepang berarti kolam ikan. Selain itu, hal lain yang menambah kesan cantik dari kantin ini ialah taman yang berada di sekitar kolam. 

 

Menurut Miftah, salah satu mahasiswa Fikom Unpad, keberadaan taman dan kolam bukan hanya sekedar hiasan, kedua hal itu membuat suasana kantin shokudou terasa lebih sejuk. 

  • Makanan
Makanan Kantin Shokudou
(Anastasia Gabrielle/Warta Kema)

Kantin shokudou menyediakan menu makanan yang sangat beragam, beberapa diantaranya kita dapat menemukan jajanan khas Jepang seperti onigiri dengan rasa tuna dan ayam. Selain itu, terdapat pilihan menu makanan berat seperti nasi ayam teriyaki dan chicken katsu. Tidak sampai disitu, kantin ini juga menyediakan aneka makanan khas Indonesia seperti nasi goreng, nasi gila, dan masih banyak lagi. Tidak perlu khawatir, harga makanan yang dijual di kantin shokudou ini masih terjangkau untuk kalangan mahasiswa. Menu makanan ala Jepang memang belum begitu mendominasi kantin ini. Namun, menurut perkataan Teh Nenden yang merupakan seorang penjual di kantin shokudou, kedepannya ada rencana penambahan menu yang akan dijual. Jadi, kita tunggu saja ya hadirnya menu baru di kantin ini!

Nah, itu tadi tiga hal yang dapat menambah kesan ketika mengunjungi kantin Shokudou. Tidak hanya memberikan kesan bangunan yang unik, kantin ini juga mempermudah mobilisasi mahasiswa sastra Jepang karena letaknya yang terhubung langsung dengan lab, perpustakaan, ruang dosen, dan lain-lain. Wah, bagaimana nih? Semoga artikel ini dapat menambah rasa penasaran kalian untuk segera berkunjung, bagi yang sudah ditunggu kedatangannya lagi ya!

Reporter: Nabila Riskha

Editor: Hatta Muarabagja

Leave a Reply

Your email address will not be published.