Skill
(Sumber: freepik.com)

Halo Sobat Warta!
Di masa pandemi ini kita dihadapkan dengan berbagai keterbatasan yang menghambat berbagai aktivitas. Sebagai seorang mahasiswa, kita memiliki banyak waktu luang sekaligus peluang untuk terus menerus mengembangkan diri, salah satu hal yang dapat kita kembangkan untuk diri kita adalah skills (keterampilan). Berbagai cara untuk mengembangkan diri tentunya tidak hanya dapat kita lakukan lewat belajar di kelas perkuliahan formal kampus atau sekolah. Kita juga bisa mengembangkan skill kita baik soft skill maupun hard skill dari rumah loh!

Kini, memiliki skill itu merupakan hal wajib. Tuntutan kualifikasi keterampilan yang dimiliki seorang individu semakin tinggi, beriringan dengan pesatnya perkembangan zaman, yang disertai dengan banyaknya output tenaga kerja yang tidak seimbang dengan lapangan pekerjaan. Persaingan yang ada saat ini mengharuskan kita untuk lebih dan lebih terampil lagi dibanding yang lain. Sebagai mahasiswa di era 4.0, kita haruslah menyesuaikan dan mempersiapkan diri dalam upaya meningkatkan kemampuan dan kualitas diri. Dengan mengembangkan berbagai skill, kita dapat lebih mudah menghadapi berbagai persoalan-persoalan yang ada. Sebab, semakin majunya zaman, selaras juga dengan semakin banyaknya persoalan-persoalan baru.

Menurut McKinsey & Company, di era kini terdapat berbagai skill yang sangat dibutuhkan seorang manusia dalam menghadapi tantangan dan juga persaingan kerja yang ada. Terdapat 13 kelompok skill yang akan menjadi skill fundamental dalam kurun waktu 2020 – 2030. Diantaranya adalah; critical thinking, developing relationships, self-management, mental flexibility, dan masih banyak lagi.

Platform Online Tempat Mengasah Skill

Perkembangan teknologi informasi yang cepat dan massif membuka banyak manfaat baru, diantaranya adalah terbukanya akses terhadap pendidikan informal. Kini situs atau platform berbasis Massive Open Online Course (MOOC) telah dibuka oleh banyak pihak. Tentunya dengan kondisi tersebut, kita dapat memanfaatkannya secara maksimal dalam rangka mengembangkan skill kita. Oleh karenanya berikut adalah rekomendasi situs atau platform untuk Sobat Warta yang ingin mengasah skill dari rumah!

  1. Coursera
Coursera

Platform dengan jargon “learns without limit” ini menyediakan berbagai course yang dapat kalian pilih sesuai preferensi masing-masing. Sesuai dengan jargon tersebut, kita dapat mengakses course dan juga modul yang berasal dari berbagai perguruan tinggi ternama di dunia. Terdapat berbagai course yang dapat melatih skills baru seperti creative thinking, design thinking, strategic thinking, problem solving, dan sebagainya.

Sistem pembelajaran di Coursera juga sangat menarik. Lewat course yang disediakan, kita dapat mengikuti pembelajaran secara daring yang sudah diatur penjadwalan kelasnya, dan juga pengaturan durasi kelas berbeda-beda disesuaikan dengan materinya. Layaknya sebuah perkuliahan, di Coursera kita akan belajar selama 4-8 minggu secara komprehensif diikuti oleh assignment, grades, dan juga forum untuk berdiskusi dengan peserta kelas yang lain.

  1. Khan Academy

Khan Academy memiliki perbedaan yang cukup mencolok bila kita membandingkannya dengan Coursera. Pada Coursera, course yang ditawarkan sebatas kelas-kelas skills yang segmentasinya adalah mahasiswa atau umum, sementara Khan Academy menyediakan course yang dikhususkan juga bagi anak-anak sekolah mulai dari TK sampai SMA.

Walau begitu, Khan Academy mempunyai segmen khusus untuk life skills yang di dalamnya terdapat materi seperti growth mindset, financial literation, interview skills, dan sebagainya.

  1. EdX

Platform yang terakhir adalah edX. Platform yang diciptakan pada tahun 2012 ini merupakan ciptaan dari dua universitas terkemuka di dunia, Harvard dan MIT. edX diciptakan dalam rangka memberikan akses pendidikan berkualitas tinggi bagi siapa saja.

Platform ini menyediakan lebih dari 2.500 kursus dengan bidang yang bervariasi, seperti bisnis, manajemen, komunikasi, sampai IT. Platform ini memiliki sistem yang hampir serupa dengan Coursera. Sebab, pada pelaksanaannya edX juga memberikan penjadwalan kelas sampai kurang lebih 8 minggu. Selain itu edX menyediakan kelas-kelas gratis bagi semua orang pada masa pandemi ini. Oleh karenanya, edX sangatlah cocok bagi kalian yang ingin mengembangkan skills dari rumah.

Nah itu dia Sobat Warta! Beberapa rekomendasi platform yang dapat kita manfaatkan untuk mengembangkan skills dari rumah. Yuk, kita mulai kebiasaan baru yang produktif untuk perkembangan diri. Kalau bukan dari sekarang, mau kapan lagi?

Penulis: Elang Permana Hakim

Editor: Malika Ade Arintya

Leave a Reply

Your email address will not be published.