Self Development
(Sumber foto: Freepick on Pinterest https://pin.it/7aSla8O)

Halo, Sobat Warta!
Gimana nih masa libur kuliah kali ini? Udah puas atau malah kurang lama? Xixixi. Tak terasa ya, waktu masa perkuliahan sudah kembali dimulai. Apa Sobat Warta sudah menyiapkan planning di semester ini? Semester 3, 5, 7, atau mungkin Sobat Warta ada yang masih mahasiswa baru, atau bahasa awamnya, maba?

Bicara soal planning atau rencana, pastinya rencana yang baik adalah rencana yang bisa membuat diri Sobat Warta menjadi versi lebih baik. Sobat Warta mungkin pernah dengar yang namanya “Self Development”? Nah, kali ini Warta Kema akan memberikan informasi nih seputar Self Development!

Self Development atau Pengembangan Diri adalah segala hal yang dilakukan oleh seseorang untuk mengembangkan kualitas dirinya. Tentu, setiap orang menginginkan sebuah perubahan atau perkembangan diri yang terus maju, bukan? Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan ialah Self Development.

Sebagai mahasiswa dan generasi muda, pastinya Sobat Warta tahu bahwa banyak mahasiswa yang memanfaatkan waktu kuliahnya dengan mengikuti berbagai kegiatan nonakademik. Misalnya, ikut berbagai kepanitiaan, organisasi, atau menjadi volunteer. Kegiatan-kegiatan seperti itu juga dapat kita manfaatkan untuk melakukan Self Development, lho! Dengan memanfaatkan kesempatan tersebut dengan baik, kita dapat mengasah kemampuan kita dalam hal seperti pengambilan keputusan, komunikasi, kepemimpinan, dan berpikir kritis.

Meskipun begitu, sebenarnya ada banyak hal yang bisa dilakukan dalam rangka Self Development. Sederhananya, Sobat Warta dapat memulainya dari hal-hal kecil saja, seperti membiasakan diri untuk minum air putih yang cukup, tidur yang teratur, olahraga yang rutin, dan lain-lain.

Lalu, apa salah satu kunci penting dalam Self Development? Yaitu, refleksi diri. Sebelum Sobat Warta memulai Self Development, Sobat Warta tentu harus tau poin-poin apa saja yang ingin Sobat Warta kembangkan. Hal apa saja yang ada dalam diri Sobat Warta, yang ingin diubah menjadi lebih baik. Untuk mengetahui hal-hal itu, tentu cara yang dapat dilakukan adalah dengan merefleksi diri. Dengan refleksi diri, Sobat Warta akan lebih mengenal diri Sobat sendiri. Selain itu, hidup Sobat juga dapat menjadi lebih terarah karena memiliki goals atau target yang ingin dicapai.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa Self Development dapat dilakukan dari hal-hal kecil. Namun, tidak ada salahnya juga untuk menggunakan hal-hal pendukung dalam melakukannya. Di sini, Warta Kema akan memberikan beberapa hal yang dapat menjadi pendukung Sobat Warta dalam melakukan Self Development!

  1. Buku Self Development

Membaca buku merupakan kebiasaan yang kaya akan manfaat. Dengan membaca buku, banyak sekali informasi atau pelajaran yang dapat kita ambil. Bicara tentang Self Development, ada berbagai buku yang bisa Sobat Warta baca nih, seperti I Want To Die But I Want To Eat Tteokpokki karya Baek Se Hee, The Dip karya Seth Godin, Jika Kita Tak Pernah Baik-Baik Saja karya Alvi Syahrin, dan masih banyak lagi.

  1. Mengikuti Seminar, Workshop, atau Pelatihan

Walaupun adanya pandemi ini menyebabkan banyaknya kegiatan menjadi serba online, tetapi bukan ‘tidak mungkin’ untuk tetap bisa mengikuti seminar, workshop, atau pelatihan secara online.  Bagi Sobat Warta yang mungkin lebih menyukai komunikasi dua arah, Sobat Warta dapat mencoba untuk mengikuti seminar, workshop, atau pelatihan tentang Self Development, karena dengan kegiatan tersebut Sobat Warta memiliki kesempatan untuk bertanya langsung atau berdiskusi dengan orang lain. Informasi kegiatan-kegiatan ini dapat Sobat Warta dapatkan di berbagai media sosial.

  1. Menonton Video tentang Self Development di Internet

Saat ini, nampaknya segala hal yang ingin kita cari sudah bisa kita temukan di internet, ya? Termasuk tentang Self Development. Ada banyak artikel, video, atau informasi-informasi lain dari berbagai platform online yang bisa Sobat Warta pilih. Misalnya, dari platform YouTube, Sobat Warta bisa menemukan berbagai channel yang membahas Self Development, seperti Satu Persen, Zahid Azmi Ibrahim, TED-Ed, dan Hujan Tanda Tanya.

Nah, dari banyaknya hal yang bisa dipilih, manakah yang lebih Sobat Warta suka? Apapun pilihannya, mulailah dengan niat dan kesadaran dari diri Sobat Warta sendiri. Coba pahami diri Sobat Warta, apa hal yang ingin Sobat Warta kembangkan? Lalu, lakukanlah dan jangan lupa untuk terus berusaha konsisten. Perlu Sobat Warta ingat juga untuk mengevaluasi diri dan bandingkanlah diri Sobat Warta saat ini dengan diri Sobat Warta yang sebelumnya. Jangan sampai terlalu membandingkan diri dengan orang lain hingga berdampak buruk bagi diri Sobat Warta, ya!

Jadi, apa planning Sobat Warta di semester ini? Sudah tahu?

Penulis: Zahra Fathia Ramadhani
Editor: Malika Ade Arintya

 12 total views,  1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published.