Ruang Kelas Kampus Unpad Jatinangor
(Foto: Warta Kema/Betarum Damaris)

Sudah satu tahun lamanya kita berkuliah di balik layar laptop. Apa yang Sobat Warta rasakan? Capek? Bosan? Atau rindu dengan kampus? Ya, Sobat tidak sendirian! Banyak mahasiswa Unpad merindukan suasana kampus Jatinangor yang biasanya menyimpan banyak kenangan di tiap sudutnya. Sayangnya, pandemi yang terjadi tahun lalu mencegah kita untuk dapat kembali ke kampus hingga kini.

Karena itu, kegiatan-kegiatan yang biasa dilaksanakan secara luring mulai beradaptasi menjadi daring. Lantas, apa saja kegiatan-kegiatan alternatif pengganti kegiatan luring itu? Serta, apa saja yang biasa dirindukan mahasiswa Unpad ketika sedang berkuliah? Beginilah cerita di kampus tercinta kita, Unpad Jatinangor…

Penerimaan Mahasiswa Baru (Prabu)

Ada banyak hal yang bisa dikenang ketika mengingat masa sebelum pandemi. Salah satunya PRABU (Penerimaan Raya Mahasiswa Baru) Unpad. Terakhir kali PRABU dilaksanakan secara luring pada tahun 2019. Pada masa pandemi yang hampir 2 tahun ini, PRABU Unpad beradaptasi dan dilaksanakan secara daring pada tahun 2020 dan 2021. Seperti apa bedanya?

Prabu Unpad 2019
(Foto: Warta Kema/Betarum Damaris)

Pada hari pertama pelaksanaan Prabu Unpad 2019, terdapat Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru yang dilaksanakan di GOR Jati.

Kolase Payung Prabu
(Foto: Warta Kema/Betarum Damaris)

Di hari terakhir Prabu Unpad 2019, terdapat penyusunan kolase yang menggunakan payung di GOR Jati.

Prabu 2021
(Foto: Warta Kema/Betarum Damaris)

Kini, pelaksanaan PRABU 2021 akhirnya diselenggarakan secara daring, melalui situs Prabu (prabu.unpad.ac.id). Website ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan informasi selama pelaksanaan PRABU Unpad 2021.

Live Streaming Prabu
(Foto: Warta Kema/Betarum Damaris)

Selain rangkaian acara berupa hiburan maupun webinar, terdapat live streaming Campus Tour yang dipandu oleh Panitia PRABU Unpad 2021. Hal ini merupakan inovasi pengenalan lingkungan kampus yang dilaksanakan secara daring dan dapat diakses oleh mahasiswa baru angkatan 2021 maupun umum.

Fasilitas Kampus Unpad Jatinangor

Kampus Unpad Jatinangor memiliki banyak fasilitas yang rutin dipakai oleh mahasiswanya. Fasilitas-fasilitas ini biasa ramai digunakan, namun mulai menyepi semenjak pandemi menyerang. Apa saja sih fasilitasnya?

Ruang Kelas Kampus Unpad Jatinangor
(Foto: Warta Kema/Betarum Damaris)

Ruang kelas yang ada di salah satu fakultas Unpad Jatinangor ini terlihat lenggang tanpa ada seorangpun yang menempati. Padahal, biasanya suasana ruang kelas cenderung ramai dan riuh oleh suara dan aktivitas mahasiswa.

Air Minum Bersih Jalatista Unpad
(Foto: Warta Kema/Betarum Damaris)

Usai kelas, kamu dapat menikmati air dari keran Jalatista yang bisa diminum langsung. Fasilitas ini dimanfaatkan oleh mahasiswa Unpad yang ingin minum air segar tanpa harus mengeluarkan biaya.

Kantin Shokudo FIB Unpad
(Foto: Warta Kema/Ilyansyah Nashrul)

Salah satu kantin kampus yang sering dipadati oleh mahasiswa adalah Kantin Shokudo, terletak di Pusat Studi Bahasa Jepang, Fakultas Ilmu Budaya. Di kantin ini, terdapat berbagai menu makanan, minuman, serta cemilan yang dapat mengisi perut dan energimu sehabis kelas.

Odong Transportasi Unpad
(Foto: Warta Kema/Anastasia G.A)

Jikalau Sobat Warta pengguna setia kendaraan Odong di masa perkuliahan luring, pasti Sobat paham akan perjuangan yang harus dilalui pada jam-jam rush hour. Sebab, kendaraan yang satu ini sering ramai dipakai mahasiswa sampai harus duduk di tepi jendela jika pegal berdiri. Namun, jendela odong yang lebar membuat perjalanan singkatmu terasa lebih sejuk dan nyaman.

Mengikuti Kegiatan-kegiatan Kampus

Mahasiswa Unpad dapat menikmati kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh organisasi/kepanitiaan dari berbagai macam fakultas. Acaranya pun beragam, sebab minat dan bakat mahasiswa sendiri sangatlah beragam. Mulai dari kegiatan akademik hingga nonakademik, semua kegiatan memberi warna unik dalam hari-hari perkuliahan luring di kampus Unpad Jatinangor. Seperti apa saja kegiatannya?

Aula Auditorium Unpad
(Foto: Warta Kema/Wafi Ariqo)

Salah satu kegiatan yang sering diadakan mahasiswa Unpad di perkuliahan luring adalah seminar. Biasa diadakan di berbagai ruangan aula/auditorium yang ada di kampus Unpad Jatinangor.

Webinar AIESEC
(Foto: Warta Kema/Sarah Fauziah)

Namun akibat pandemi, kegiatan seminar harus rela diadakan secara luring. Salah satunya adalah kegiatan webinar Youthverse dari AIESEC Unpad yang bertemakan resiliensi ini.

Rampog Macan Teater Apostrophe
(Foto: Warta Kema/Anastasia G.A)

Kemahasiswaan Unpad juga sering mengadakan kegiatan pementasan teater. Contohnya adalah “Rampog Macan”, sebuah pementasan oleh kelompok teater Apostrophe dalam kegiatan Festival Teater Hari-Hari Sastra yang diadakan oleh BEM Gama FIB Unpad.

Seperti Hendak - Teater Djati (Film)
(Foto: Warta Kema/Sarah Fauziah)

Sayangnya, pementasan teater pun turut terkena imbas pandemi. Akan tetapi, berbagai UKM teater di Unpad tetap gigih mempersembahkan pementasan teater yang dapat dinikmati dari rumah saja. Contohnya adalah pementasan yang dikemas lewat film pendek karya Teater Djati dari jurusan Sastra Indonesia Unpad berjudul “Seperti Hendak”. Film pendek ini dapat Sobat saksikan di situs Youtube, lho!

Jadi, begitulah sekelumit kisah-kisah yang biasa kita alami saat berkuliah di Unpad Jatinangor. Kami tahu, memendam rindu terasa berat. Aka tetapi, mohon bertahan sedikit lagi, ya, Sobat Warta? Terlebih, Unpad sendiri sudah mengumumkan perihal rencana perkuliahan hybrid yang akan digelar bagi mahasiswa. Memang, belum semuanya diperkenankan kembali ke kampus. Namun, kami yakin, suatu saat lagi kita semua akan bertemu lagi di Unpad. Oleh karenanya, tetap jaga kesehatanmu sampai saat itu tiba ya!

Fotografer: Anastasia Gabrielle, Betarum Damaris, Ilyansyah Nashrul, Sarah Fauziah, Wafi Ariqo

Editor: Anastasia Gabrielle, Malika Ade

 25 total views,  1 views today

2 Responses

  1. whoah this blog is wonderful i really like reading your articles. Keep up the great paintings! You realize, a lot of people are hunting round for this info, you could help them greatly.

Leave a Reply

Your email address will not be published.