(Sumber : Pinterest)

Menjalani ibadah puasa di tengah pandemi bukan lagi hal yang baru bagi kita semua. Bahkan sudah kali ketiga kita harus menahan hawa nafsu sambil berkegiatan secara daring yang sudah menjadi hal normal dalam hidup dan memberikan efek jenuh selama menjalani hari.

Pekerjaan dari luar maupun dalam rumah yang menumpuk kadangkala membuat kita lupa untuk refreshing, terutama bagi para pekerja maupun pelajar yang harus bekerja atau belajar dari rumah. Duduk di depan laptop seharian, menahan lapar, jenuh di rumah, dan banyaknya tugas yang datang tentu dapat menurunkan mood kita dalam menikmati bulan Ramadhan.

Kalau begitu, apa yang harus dilakukan agar mood kita tetap bagus selama Ramadhan meski di tengah pandemi?

  1. Mengubah mindset

Cukup besar dampak mindset terhadap mood kita dalam menjalani hari. Untuk bisa menikmati hari-hari kita selama masih dalam keadaan daring, kita harus bisa berhenti beranggapan kalau pandemi membuat segala hal menjadi tidak seru, termasuk bulan Ramadhan. Karena pada dasarnya, setiap hal dapat dinikmati jika kita bisa melihatnya dari sudut pandang lain.

Kehilangan momen buka bersama dan ngabuburit dengan teman, jelas membuat kita suntuk dan sedih. Tapi dibanding terus-menerus merutuki keadaan, lebih baik kita mencari cara lain untuk menghibur diri di rumah. Entah itu dengan melakukan hobi, menonton film yang disukai, atau sekadar main game.

  1. Tidur yang cukup

Cukupnya jam tidur juga tak kalah penting dengan mengubah mindset. Karena kurang tidur bukan hanya membuat kita menjadi rentan terhadap penyakit, tetapi juga dapat membuat suasana hati menjadi buruk karena emosi yang tak stabil. 

Seringkali orang akan menjadi lebih sensitif dan mudah marah ketika emosinya tak stabil, sedangkan puasa sendiri melarang kita untuk mengikuti hawa nafsu yang salah satunya adalah amarah. Tentu kita tidak ingin jika  mood sudah jelek ditambah lagi dengan pahala yang dikurangi. Oleh karena itu, tidurlah yang cukup agar hari-harimu tetap menyenangkan selama menjalani puasa.

  1. Minum air putih yang cukup pada saat sahur dan berbuka

Bagi para pekerja atau pelajar yang rutin duduk di hadapan laptop selama WFH atau PJJ, mungkin sakit punggung yang hadir sudah menjadi teman sehari-hari. Namun, sakit punggung yang kalian alami itu bisa jadi salah satu akibat dari kurangnya minum air putih.

Maka pastikanlah kalau kita sudah minum air putih yang cukup pada saat sahur dan berbuka. Aturannya pun tetap sama, yakni 8 gelas air dalam sehari. Dengan begitu, bisa meminimalisir sakit punggung yang  tidak akan mengganggu harimu dan kalian bisa lebih enjoy selama puasa. 

  1. Menjaga pola makan

Selain jam tidur, makanan yang kita konsumsi juga berpengaruh terhadap mood kita. Orang yang mengonsumsi makanan sehat cenderung memiliki suasana hati yang lebih baik, begitu pula sebaliknya. 

Maka dari itu, jangan sampai kita kalap ketika berbuka, terutama pada makanan manis dan gorengan. Memang betul makanan manis dianjurkan menjadi menu buka puasa. Namun mengkonsumsinya secara berlebihan pun dapat memberikan dampak buruk pada kesehatan.

Makanlah makanan manis secukupnya ketika berbuka, seperti kurma dan jus buah. Lalu hindari juga makanan yang digoreng dan berlemak tinggi karena dapat menyebabkan kolesterol serta meningkatkan risiko diabetes. Terakhir, makanlah makanan yang bergizi saat makan malam agar kebutuhan gizi kita tetap terpenuhi selama puasa.

  1. Tetap rutin berolahraga

Walau sedang puasa, olahraga ini tetap wajib dilakukan secara rutin ya teman-teman! 

Dilansir dari Hello Sehat, olahraga dapat membuat kita menjadi lebih tenang, nyaman, dan bisa mengelola emosi. Karena ketika kita berolahraga, otak akan melepaskan endorfin, adrenalin, serotonin, dan dopamin yang bekerja agar tubuh kita merasa lebih baik.

Perlu diketahui juga kalau olahraga ini bukan hanya lari, berenang, atau pun olahraga lainnya yang membuat kita lelah dan kehausan. Selama puasa, kita bisa melakukan olahraga ringan seperti yoga dan jalan santai untuk memperbaiki suasana hati. Dengan begitu, kita dapat memperbaiki mood kita sekaligus menjaga kesehatan agar tetap bugar.

Nah, sekian 5 tips agar Ramadhan kita anti suntuk dan jauh dari mood jelek. Semoga hal itu bisa membantu teman-teman semua dalam membangun mood selama bulan suci Ramadhan.  Jangan lupa juga untuk tetap menaati protokol kesehatan agar terhindar dari virus covid-19 ya teman-teman!

Selamat menjalankan ibadah puasa!

Penulis : Ariana Salsabila Haruni

Editor : Fahmy Fauzy Muhammad

Leave a Reply

Your email address will not be published.