(Ilustrasi berorganisasi. Sumber: Freepik)

Halo, Sobat Warta!
Di masa perkuliahan ini, Sobat Warta pernah gak sih mendengar kata organisasi, UKM, atau kepanitiaan? Pasti pernah dong ya. Sebelum masuk ke bahasan utama, apakah Sobat Warta sudah mengetahui perbedaan istilah antara organisasi, UKM, atau kepanitiaan? Jika belum, yuk simak artikel ini sampai habis!

Organisasi

Organisasi merupakan suatu kesatuan yang anggotanya saling bekerja sama untuk mencapai tujuannya. Biasanya, keanggotaan organisasi berlangsung selama satu tahun kepengurusan. Organisasi-organisasi mahasiswa yang bisa kita jumpai di Unpad ialah BEM dan BPM.

UKM

UKM atau Unit Kegiatan Mahasiswa ini tak jauh berbeda dengan organisasi. UKM merupakan wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan bakat dan minatnya. Bisa dibilang, UKM adalah ekstrakurikulernya kampus. Nah, Warta Kema ini termasuk ke dalam contoh UKM yang bergerak di bidang Pers.

Kepanitiaan

Tidak jauh berbeda dengan organisasi, kepanitiaan merupakan kumpulan orang-orang yang biasa disebut panitia, yang saling bekerjasama untuk mencapai tujuannya; yaitu menyelenggarakan sebuah acara atau kegiatan. Namun, kepanitiaan biasanya berlangsung lebih singkat, menyesuaikan dengan bentuk acara yang akan dibuat. Semakin besar acaranya, semakin kompleks hal yang perlu disiapkan, maka semakin lama pula waktu yang perlu digunakan.

Sekarang, Sobat Warta sudah tahu ‘kan apa itu organisasi, UKM, dan kepanitiaan? Selanjutnya, Warta Kema akan membahas apa saja manfaat yang bisa didapat dari mengikuti ketiga kegiatan tersebut!

Pada dasarnya, kegiatan-kegiatan tersebut merupakan kegiatan pendukung di perkuliahan. Umumnya, hal yang ingin dicari adalah pengalaman dan mengasah soft skills yang diharapkan akan berguna ketika berada di dunia pekerjaan nantinya. Namun, banyak juga manfaat lain yang kita dapatkan lho!

  1. Melatih Komunikasi

Ketika berada di suatu organisasi, UKM, atau kepanitiaan, tentu kita bertemu dengan banyak orang dan dituntut untuk dapat saling berkomunikasi. Misal, ketika sedang rapat, seringkali mengharuskan kita untuk memberikan pendapat. Apalagi, jika Sobat Warta berada dalam divisi yang berkhusus di bidang humas (hubungan masyarakat), Sobat Warta akan lebih terbiasa untuk berkomunikasi dengan orang lain.

  1. Membangun Relasi

Ada berbagai tingkatan organisasi, UKM, dan kepanitiaan yang ada di kampus. Mulai dari tingkat jurusan, fakultas, hingga universitas. Sobat Warta akan bertemu dengan berbagai macam mahasiswa. Hal yang menyenangkan adalah Sobat Warta dapat bertemu dengan orang-orang hebat dan bisa belajar banyak dari orang tersebut.

  1. Mengasah Teamwork

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, organisasi, UKM, atau kepanitiaan terdiri dari orang-orang yang saling bekerjasama. Dengan mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut, Sobat Warta akan belajar beradaptasi serta bekerjasama dengan berbagai macam kepribadian, sehingga dapat meningkatkan kemampuan teamworking.

  1. Mengasah Kemampuan Problem Solving

Ketika sedang mengerjakan sesuatu, seringkali terjadi berbagai hal yang menghambat kelancaran pekerjaan. Hambatan-hambatan tersebut dapat terjadi baik dari internal maupun eksternal. Akan tetapi, dengan mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut, Sobat Warta akan terbiasa untuk menghadapi masalah atau hambatan, dan memikirkan cara untuk mengatasi permasalahan tersebut, sehingga kedepannya Sobat Warta dapat lebih berwawasan lagi untuk mencegah masalah yang serupa datang dan dapat menghadapinya dengan lebih tenang.

  1. Melatih Manajemen Waktu

Tugas dan pekerjaan Sobat Warta tentu akan bertambah ketika mengikuti kegiatan di luar akademik perkuliahan. Tantangannya adalah bagaimana Sobat Warta dapat mengatur waktu kegiatan akademik dan nonakademik agar seimbang. Dengan ini, Sobat Warta akan terbiasa untuk menerima berbagai pekerjaan dan mengaturnya dengan baik.

  1. Mengasah Technical Skill

Baik di dalam organisasi, UKM, dan kepanitiaan, Sobat Warta akan masuk ke dalam divisi yang masing-masing memiliki fokus tertentu. Dengan terlibat pada suatu divisi, Sobat Warta akan meningkatkan pengetahuan dan pengalaman pada fokus bidang tersebut yang diurus oleh divisi tersebut, membuat Sobat Warta menjadi lebih terspesialisasi. Misal, jika Sobat Warta berada di bidang humas, Sobat Warta akan lebih terbiasa dengan hal-hal seperti public speaking, komunikasi, dan bahkan negosiasi dengan pihak eksternal.

Nah, itu dia berbagai hal yang bisa Sobat Warta dapatkan dengan mengikuti organisasi, UKM, atau kepanitiaan. Mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut tidaklah wajib ya, Sobat Warta. Silahkan saja Sobat Warta asah minat dan bakat di mana pun.

Perlu diingat juga bahwa Sobat Warta harus mengetahui kemampuan diri. Jangan sampai, kegiatan-kegiatan yang diikuti berujung membawa pengaruh buruk, apalagi sampai membuat tugas akademik Sobat Warta terbengkalai. Kualitas lebih baik daripada kuantitas. Pikirkan secara matang sebelum memutuskan untuk mengikuti suatu kegiatan, sehingga nantinya Sobat Warta dapat bertanggung jawab dan menjalankannya dengan baik. Good luck, Sobat Warta!

Penulis: Zahra Fathia Ramadhani
Editor: Malika Ade Arintya

Leave a Reply

Your email address will not be published.