Semester baru lagi-lagi dilaksanakan secara daring. Keadaan pandemi yang masih memprihatinkan membuat para mahasiswa angkatan 2020 dan mahasiwa baru angkatan 2021 yang belum pernah menginjakkan kaki di Unpad rawan tersesat jika nanti datang ke kampus. Untuk itu, saat ini adalah waktu yang tepat untuk mengenal lingkungan kampus dengan mempelajari istilah-istilah yang ada di wilayah Universitas Padjadjaran (Unpad). Maka dari itu, berikut ini adalah istilah-istilah di Unpad yang wajib diketahui oleh mahasiswa baru versi Warta Kema!

 

  • Gerlam 

Gerlam merupakan akronim dari GERbang LAMa Unpad. Gerlam biasa dijadikan jalur bagi para pejalan kaki yang datang dari luar maupun dari dalam kampus. Selain menjadi tempat hilir-mudik pejalan kaki, Gerlam juga dikelilingi oleh berbagai UMKM yang berjualan makanan seperti bubur ayam, lontong sayur, cilor, ayam crisbar, nasi gila, kue cubit, sampai tteokbokki dan odeng juga ada lho, Sobat Warta! Oleh karena itu, Gerlam menjadi tempat favorit mahasiswa untuk mengisi perut yang kosong sebelum kelas ataupun setelah kelas.

  • Brooklyn 

Kalau New York punya Brooklyn, Unpad juga punya Brooklyn-nya sendiri dong! Yup, selamat datang di Brooklyn bagian Jatinewyork! Brooklyn merupakan tempat bagi para mahasiswa untuk rapat, nongkrong, mengadakan aksi demonstrasi / campaign, dan tempat menunggu odong-odong (baca poin nomor 5). Brooklyn sendiri terdiri atas dua bagian, yaitu barat dan timur yang letaknya dekat dengan Gerlam. 

  • MRU

Untuk kamu yang rajin beribadah pasti nggak mau ketinggalan dengan istilah yang satu ini. MRU adalah singkatan dari Masjid Raya Unpad yang terletak di seberang ATM Center dan di sebelah kiri dari Gerlam. MRU juga memiliki basement yang sering digunakan untuk diskusi, rapat, kerja kelompok, ataupun nugas. Pokoknya multifungsi deh!

  • Kickers

Tepat di samping MRU terdapat pula lapangan basket yang dinamakan Kickers. Lapangan basket ini dilengkapi oleh tribun berisi mural yang dicat warna-warni sehingga bagus untuk dijadikan spot foto bersama teman, temannya pacar, teman tapi mesra, atau teman siapa saja deh yang Sobat Warta mau~

  • Odong-odong

Jangan bayangkan odong-odong balita yang dahulu Sobat Warta gemari, odong-odong yang ada di Unpad ini adalah moda angkutan kampus yang siap mengantar mahasiswa dari satu fakultas ke fakultas lain secara gratis. Animo mahasiswa yang berebut odong-odong saat menghadapi rush hour kala mendapatkan jadwal Tahapan Persiapan Bersama (TPB) pada pagi hari. Odong-odong memiliki dua jalur, yaitu jalur saintek dan soshum. Saat melewati Gerlam, kalian dapat menemukan starting point odong-odong yang biasa ngetem atau menunggu penumpang di samping MRU (jalur saintek) atau Brooklyn (jalur soshum). 

  • Bucin 

Unpad memang dipenuhi oleh mahasiswa-mahasiswa bucin, tapi bucin yang ini berbeda ya, Sobat Warta. Bucin yang dimaksud di sini adalah BUndaran CINta. Setelah masuk melewati Gerlam, kamu bisa menemukan bundaran yang berada di tengah jalan sebagai pemisah antara enam jalur menuju berbagai fakultas di Unpad.

  • Tacin

Tacin merupakan singkatan dari TAnjakan CINta yang memisahkan Fisip dan FKG. Seperti namanya, tanjakan, Tacin memang jalan menanjak yang bikin lelah karena jaraknya yang lumayan jauh untuk sampai di atas. Tapi, sejauh jarak kamu dengan si dia nggak, ya?

  • Gorjat

Penggemar olahraga yuk merapat karena Unpad punya Gorjat, nih! Gorjat (GOR Jati) adalah lapangan sepak bola yang dikelilingi oleh jogging track. Tak kalah penting, Gorjat juga digunakan sebagai tempat berkumpul mahasiswa baru pada saat acara Penerimaan Raya Mahasiswa Baru Unpad (Prabu).

  • Pedca

Pedca dibaca seperti pe dalam kata pede dan ka dalam kata kaki. Pedca merupakan nama salah satu asrama di Unpad yang terletak di seberang Fisip. Di Pedca terdapat banyak penjual makanan dan juga berbagai lapangan olahraga. Kalau offline nanti kalian wajib banget mencicipi sop buah ala Pedca yang terkenal menyegarkan itu! Thank us later, Sobat Warta!

  • Cisral

Center of Information Scientific Resource and Library (CISRAL) atau Graha Kandaga adalah perpustakaan pusat yang dimiliki oleh Unpad. Setelah berhasil nanjak sampai puncak tacin, pasti langsung ketemu dengan si Cisral ini. Untuk masuk ke Cisral, kamu hanya butuh Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yang dapat diregistrasikan pada bagian administrasi Cisral yang terletak persis di depan pintu masuknya.

  • Balsan 

Selain Gorjat, Balsan (Bale Santika) merupakan pusat olahraga kampus yang menjadi lokasi acara olahraga yang diadakan di Unpad. Balsan juga terdiri atas auditorium, gedung olahraga basket, voli, dan bulu tangkis. Balsan biasanya dijadikan sarana untuk ajang lomba olahraga antarfakultas seperti sepak bola, sehingga euforia di Balsan bisa dirasakan saat supporter-an bersama fakultas masing-masing. 

  • Jalatista

Ditujukan sebagai upaya Unpad untuk menjaga lingkungan, Jalatista hadir sebagai keran air siap minum yang berlokasi di beberapa titik di Unpad. Dilansir dari unpad.ac.id, air Jalatista berasal dari air tanah yang telah melalui proses penyaringan sehingga bebas dari bakteri dan zat-zat beracun. Tentunya layak dikonsumsi manusia. Oleh karena itu, yuk bawa botol minum ke kampus untuk mengurangi sampah botol plastik!

  • Balwil / Aspad

BALe WILasa (Balwil) atau juga dikenal sebagai Asrama PADjadjaran (Aspad) merupakan nama asrama yang ada di lingkungan Unpad. Terdapat dua belas asrama yang tersebar di seluruh penjuru kampus; ada yang di dekat rektorat, di depan FIB, di samping Gorjat, dan lain-lain. Balwil juga memfasilitasi mahasiswa asrama dengan kantin atau café yang berada pada masing-masing Balwil/Aspad.

  • Batara

JemBATan utaRA (Batara) adalah jembatan khusus untuk kendaraan beroda empat atau dua yang akan melintas masuk ke dalam Unpad. FYI, saat masuk lewat Batara, Sobat Warta langsung bisa bertemu dengan Gedung Rektorat yang megah itu, lho!

Nah, gimana nih? Jadi makin nggak sabar buat segera menangor dan kuliah tatap muka, gak sih? Semoga setelah ini angkatan 2020 dan 2021 bisa mendapatkan sedikit gambaran mengenai kampus dan tidak tersesat di Unpad yaa! 

 

Referensi:

https://twitter.com/prabunpad/status/1158354554699694081?s=20 

https://ketik.unpad.ac.id/posts/310/tips-naik-odong-odong-di-unpad 

penulis : Andi Tiara

Editor : Abdullah Azzam Alhudhaibi

Leave a Reply

Your email address will not be published.