Foto kegiatan Outdoor Class bersama siswa/i SD,SMP, dan SMA (Sumber: Tim Medfo PPK Ormawa)

BEM Kema Unpad telah melaksanakan serangkaian kegiatan pembinaan dan pemberdayaan masyarakat dalam Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK Ormawa) dalam rentang waktu Juli – November 2022  di Desa Karangwangi, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur. Desa Karangwangi merupakan salah satu desa yang berbatasan langsung dengan Kawasan Cagar Alam Bojonglarang Jayanti. Cagar Alam Bojonglarang Jayanti pada dasarnya bertujuan untuk melindungi dan melestarikan flora dan fauna kini fungsinya mulai terganggu akibat adanya praktik-praktik penjarahan yang terjadi. 

Foto kegiatan Indoor Class bersama siswa/i SMA Plus Bahrul Ulum ( Foto : Tim medfo PPK Ormawa )

Penjarahan ini berlangsung mulai dari tahun 2020 sampai dengan saat ini dengan total luas wilayah yang dirambah telah mencapai kurang lebih 143 hektar. Pendapatan masyarakat yang rendah dan minimnya pengetahuan masyarakat terkait kepentingan cagar alam menjadi salah satu pemicu dari masifnya penjarahan yang terjadi hingga saat ini. Oleh karena itu, BEM Kema Unpad kemudian melakukan berbagai program untuk mengurangi dan mencegah kenaikan tingkat penjarahan yang terjadi. 

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan melaksanakan program edukasi terkait pelestarian alam dan energi alternatif melalui dua metode pembelajaran yaitu, metode indoor class yang berupa pengajaran konvensional dan juga metode outdoor class yang meliputi praktik penanaman pohon buah dan pembuatan biogas sederhana. Kegiatan ini ditargetkan bagi siswa dan siswi SD Negeri Panorama, SMP Negeri 5 Cidaun, dan SMA Plus Bahrul Ulum. Tujuan program edukasi yang ditargetkan bagi para generasi muda ini adalah agar nantinya mereka dapat menjadi pelopor pelindung Cagar Alam Bojonglarang Jayanti.

Foto bersama kelompok UMKM Karangwangi ( Foto : Tim Medfo PPK Ormawa )

Kemudian dalam rangka meningkatkan pendapatan masyarakat, Tim PPK Ormawa BEM Kema Unpad menginisiasi program pelatihan dan pembentukan kelompok UMKM bagi anak muda dan ibu rumah tangga. Dalam program ini kami berhasil menginovasikan produk pangan lokal yaitu dodol sirsak karangwangi sebagai bentuk pemanfaatan dari produk tani lokal.

Selain itu, Tim PPK Ormawa BEM Kema Unpad bersama masyarakat Desa Karangwangi juga telah berhasil melaksanakan program revitalisasi pipa air dengan cakupan wilayah sepanjang 3 kilometer. Program ini ditujukan sebagai upaya pengoptimalisasian pengairan untuk lahan pertanian. Sebagai tindak lanjut dari program ini, kami kemudian membentuk sebuah kelembagaan non-formal bernama “Nyaah Cai” yang bertugas untuk melakukan perawatan terhadap pipa air, memaksimalkan sistem pengairan baik bagi areal persawahan maupun areal pemukiman, melakukan mitigasi potensi kebakaran hutan, dan juga membantu dalam penyosialisasian pengetahuan terkait cagar alam kepada masyarakat sekitar.

Berbagai program kegiatan yang telah kami lakukan mendapatkan respon positif dari masyarakat Desa Karangwangi, salah satunya adalah Kepala Sekolah SMA Plus Bahrul Ulum, Sadiyah Rahmawati.

“Kebetulan saat itu sedang musim kemarau, sehingga kami di sini darurat air dan kegiatan siswa sedikit terhambat, tetapi dengan adanya program PPK Ormawa BEM Kema Unpad ini, seperti edukasi terkait cagar alam berikut dengan praktiknya, adanya program UMKM juga. Alhamdulillah kegiatan-kegiatan itu sangat berimbas baik kepada anak-anak dan mungkin masyarakat yang ada di sini. Masyarakat pun terbantu dengan adanya revitalisasi pipa air, yang pada awalnya pipa itu tidak terpelihara, dengan adanya program ini masyarakat merasa tergugah untuk memelihara pipa tersebut sehingga air mengalir dengan lancar dan dapat dipergunakan oleh masyarakat,” ujarnya

“Mudah-mudahan kegiatan ini akan ada tindak lanjutnya kedepannya, mungkin enam bulan sekali untuk memantau perkembangan program yang terlaksana, sekaligus menjaga hubungan baik antara UNPAD dengan SMA, hubungan antara mahasiswa dengan anak-anak juga,  sehingga mereka bisa termotivasi untuk dapat melanjutkan kuliah dan turut berpartisipasi dalam kegiatan pengabdian.” tambahnya.

Di akhir acara, tim PPK Ormawa BEM Kema Unpad menyerahkan plakat sebagai tanda terima kasih kepada para mitra yang sudah bekerja sama dalam menyukseskan berbagai macam rangkaian program kami di Desa Karangwangi dan juga sebagai tanda berakhirnya kegiatan kami di sana. Besar harapan Tim PPK Ormawa BEM Kema Unpad agar berbagai macam program yang telah kami lakukan ini, nantinya akan memberikan dampak yang positif terhadap perkembangan dan kelangsungan hidup masyarakat Desa Karangwangi, baik untuk masa kini maupun untuk masa-masa yang akan datang.

Penulis: PPK Ormawa BEM KEMA Unpad

Editor: Alya Fathinah

 149 total views,  1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *