(Sumber: Freepik.com)

Mahasiswa biasanya memiliki mobilitas yang tinggi, berbagai kegiatan baik di kampus maupun di luar kampus sudah menjadi makanan sehari-hari bagi seorang mahasiswa. Kini banyak mahasiswa yang menggunakan mobil untuk berkegiatan sehari-hari. Namun, tak jarang dari kita yang sekedar menggunakan mobil tanpa merawatnya dengan baik. Khususnya bagi para mahasiswa yang merupakan seorang perantau, hidup jauh dari rumah. Cukup berbeda dengan mahasiswa yang masih tinggal bersama dengan orang tua, segala kebutuhan semacam perawatan mobil pasti lebih terakomodir dengan baik.  

Tentu hal tersebut bisa menjadi masalah apalagi biaya perawatan mobil yang cenderung lebih mahal dan rumit.  Namun lain halnya bagi mahasiswa perantau, sudah duit pas-pasan, begayaan bawa mobil pula. Hal ini menjadi sebab mobil yang kita gunakan cepat rusak karena tidak dirawat dengan baik. Baik karena terlalu sibuk dengan hal lain atau mungkin uangnya terpakai untuk biaya sehari-hari. 

Oleh karenanya, sebagai seorang mahasiswa yang mungkin masih awam tentang bagaimana cara merawat mobil, dan butuh penyesuaian dengan keuangan. Maka ada empat pedoman yang sobat warta dapat gunakan, yaitu MOBA (Minyak, Oli, Ban, Angin). Keempat aspek tersebut dapat menjadi langkah mudah dan simple untuk melakukan perawatan mobil ditengah kesibukan berkegiatan kuliah.

Berikut adalah tips merawat mobil dengan mudah dan murah bagi sobat warta agar tetap dalam kondisi yang baik, langsung saja simak ulasan di bawah ini!

  1. Mengganti Oli Secara Berkala

Oli merupakan bagian yang sangat penting dalam sebuah mobil. Oli akan menjadi pelumas sekaligus pelindung setiap komponen dalam mesin yang terus-terusan bergerak. Oleh karenanya penggantian oli secara rutin dan tepat menjadi suatu kegiatan yang penting dalam perawatan mobil. Dengan mengganti oli secara teratur, maka hal tersebut akan membantu memperpanjang umur mobil, sebab bila oli tidak diganti secara teratur maka komponen-komponen dalam mesin akan cepat aus dan rusak. Mengganti oli secara berkala tidaklah sulit sobat warta dapat memeriksanya lewat informasi servis berkala yang biasanya tercantum pada tuas sein kiri mobil.

  1. Periksa minyak rem secara rutin

Rem memiliki fungsi yang sangat penting dalam mengendarai mobil. Tentunya penggunaan rem haruslah diiringi dengan perawatan yang baik dan teratur. Sobat warta dapat memelihara rem mobil dengan melakukan pemeriksaan rem secara rutin dan menggantinya sesuai batasan kilometer yang sudah ditentukan. Pastikan bahwa tidak ada kebocoran pada minyak rem lewat memeriksanya pada bagian tabung cadangan.

  1. Periksa angin/tekanan ban

Banyak dari kita yang tidak begitu memperhatikan tekanan ban secara teratur. Padahal, tekanan ban akan mempengaruhi performa mobil dalam berjalan di jalanan. Bila tekanan ban dibawah standar, maka ban tidak menyentuh permukaan jalan secara menyeluruh, sehingga traksinya tidak sempurna dan akhirnya ban pun akan cepat aus. Pemeriksaan dan pemeliharaan ban sangatlah mudah. Sobat warta hanya perlu mengisinya sesuai dengan standar mobil masing-masing. Untuk melihat standar tekanan ban, sobat warta dapat memeriksanya pada pintu supir bagian pojok kanan bawah. Setelah mengetahui standar tekanan ban yang ideal untuk mobil maka kita dapat langsung melakukan pengisian angin ban lewat berbagai tempat. Salah satu tempat yang paling umum adalah di SPBU.

  1. Mencuci Mobil Secara Rutin

Mencuci mobil merupakan kegiatan penting yang sering diabaikan oleh kita sebagai mahasiswa perantau. Kegiatan yang padat membuat sang mobil bertumpuk debu dan kotoran yang dapat merusak komponen mobil, khususnya komponen mobil bagian bawah. Tidak perlu sering-sering mencuci mobil, idealnya cukup sehabis menempuh perjalanan jauh ataupun melalui medan atau kondisi cuaca yang membuat mobil cepat kotor, misalkan jalanan berlumpur atau jalanan berbatuan. Selain membuat mobil terhindar dari partikel-partikel yang merusak, sobat warta juga perlu memperhatikan kabin mobil. Membersihkan kabin mobil secara berkala dapat membuat kita terhindar dari partikel-partikel berbahaya yang mengendap di dalam kabin mobil kita.

Nah, itu dia Sobat Warta, sedikit tips simple untuk merawat mobil bagi kalian yang sekarang sedang jauh dari rumah. Jangan lupa untuk tetap merawat mobil kalian! Karena merawat mobil merupakan investasi jangka panjang juga loh untuk kesehatan mobil kita.

Semoga bermanfaat, selamat mencoba!

Penulis: Elang Permana Hakim

Editor: Malika Ade Arintya dan Alya Fathinah

Leave a Reply

Your email address will not be published.