Bisnis
(Sumber gambar: freepik.com)

Halo sobat warta!
Menjadi seorang mahasiswa tentunya tidak hanya harus duduk manis di bangku kelas. Menjadi seorang mahasiswa juga merupakan sebuah kesempatan. Kesempatan untuk mengeksplorasi diri, kesempatan mencoba hal baru, kesempatan mengembangkan diri, kesempatan menuangkan ide-ide, dan masih banyak lagi. Dengan banyaknya kesempatan yang dapat kita manfaatkan dari waktu perkuliahan ini, maka salah satu hal yang dapat kita coba adalah mempelajari dunia bisnis!

Bagi sobat warta yang kini ingin mengasah skill bisnis namun terjebak hanya sampai pintu rumah untuk beraktivitas janganlah bersedih. Masih banyak kegiatan non-akademik yang dapat kita lakukan dari dalam rumah. Salah satu yang mungkin dapat kita lakukan adalah dengan mengikuti lomba bisnis.

Kini banyak anak muda yang bercita-cita untuk menjadi seorang pebisnis sukses layaknya Nadiem Makarim (Gojek), Achmad Zacky (Bukalapak), atau Belva Devara (Ruangguru). Menjadi seorang pengusaha muda yang sukses layaknya tokoh-tokoh di atas tentunya sangat mungkin kita raih. Menjadi seorang pebisnis ulung tentunya bukan hanya sebuah kesempatan yang dimiliki oleh anak-anak Fakultas Ekonomi dan Bisnis, karena pada dasarnya menjadi seorang pebisnis bukan hanya bermodalkan gelar akademik, namun lebih dari itu. Oleh karenanya setiap mahasiswa tentunya memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi seorang pebisnis.

Sebelum lebih jauh, mari kita bahas dulu apa sih sebenarnya bisnis itu? Menurut Jeff Madura ( 2010 : 2) Bisnis adalah suatu badan yang diciptakan untuk menghasilkan produk barang dan jasa kepada pelanggan. Setiap bisnis mengadakan transaksi dengan orang-orang. Orang-orang itu menanggung akibat karena bisnis tersebut, mereka. Kerja sama lintas fungsional di dalam bisnis adalah dengan menekankan kebutuhan para manajer dari area fungsional yang berbeda untuk memaksimalkan laba dalam mencapai tujuan bersama.

Jadi secara simpelnya, bisnis merupakan sebuah organisasi yang menyediakan sebuah produk baik barang atau jasa yang akan diproses dalam serangkaian penjualan, dan pada akhirnya sebuah bisnis memiliki satu tujuan, yaitu keuntungan atau laba.

Dalam mendirikan sebuah bisnis tentunya kita harus mempelajari banyak hal seperti analisis biaya, studi kelayakan, riset pasar, dan sebagainya. Namun bagi kalian yang masih bingung bagaimana memulai atau mempraktikkan sebuah bisnis, ada beberapa kegiatan yang bisa diikuti untuk mengasah skill bisnis kalian. Walaupun dalam kondisi pandemi dengan segala pembatasan pergerakan. Berbagai kegiatan yang menunjang minat sobat warta dalam bisnis masih tersebar di luar sana. Oleh karenanya berikut adalah lomba-lomba bisnis yang dapat kalian ikuti.

  1. Business Plan Competition

Seperti namanya, business plan competition (BPC) merupakan sebuah ajang perlombaan yang mengadukan berbagai ide bisnis yang akan dibawa oleh para peserta yang. Lomba ini menjadi lomba bisnis yang cukup sering kita temui. Biasanya BPC diselenggarakan oleh berbagai organisasi intra kampus ataupun institusi non kampus. Tak jarang pula banyak dari teman kita di kampus yang sudah sering mengikuti perlombaan ini. Lomba ini dapat menjadi sarana bagi kita untuk melatih skill dalam Menyusun sebuah rencana bisnis secara sistematis.

Dalam perlombaan ini kita akan belajar bagaimana merumuskan sebuah ide baru yang orisinil dan belum pernah ada sebelumnya. Oleh karenanya dalam lomba ini kita akan dikenalkan dengan tools-tools bisnis yang dapat kita praktikkan secara langsung. Business model canvas (BMC) merupakan tools yang paling lazim digunakan dalam perlombaan bisnis. Dengan tools ini kita akan mengidentifikasi semua dasar yang akan menjadi pondasi bisnis kita.

Dengan memanfaatkan sumber dan metode yang ada kita akan dilatih untuk berpikir kreatif dan inovatif dalam menciptakan sebuah ide baru. Setelah merumuskan sebuah ide baru maka selanjutnya kita akan masuk pada tahap proposal. Lewat tahap ini kita akan mempelajari bagaimana Menyusun sebuah rancangan bisnis yang komprehensif, misalkan seperti membuat rancangan biaya. Dan pada tahap akhir kita akan masuk pada tahap untuk melakukan pemaparan rancangan bisnis kita di depan para juri.

  1. Marketing Competition

Sedikit berbeda dengan business plan competition. Bila BPC merupakan ajang pengaduan ide dan rencana bisnis, marketing plan competition (MPC) memiliki sebuah tujuan yang berbeda. Sesuai namanya “marketing”, maka yang diuji dalam lomba ini merupakan strategi marketing pada sebuah produk.

Dalam kegiatan perlombaan ini kita akan mempelajari strategi-strategi marketing secara real dan aplikatif. Sebab dalam perlombaan ini kita akan bertindak layaknya seorang staf pada bagian pemasaran. Kita akan diuji dengan berbagai persoalan seperti bagaimana menyusun sebuah segmentasi dan target pasar yang tepat dan sebagainya. Hal ini dapat menjadi wadah bagi kita untuk memiliki pengalaman secara praktikal dalam memahami bagaimana sebuah produk harus dipasarkan.

  1. Business Case Competition

Yang terakhir adalah business case competition. Bila sebelumnya Sobat Warta dihadapkan oleh ajang pengaduan ide bisnis dan ide marketing, pada lomba business case competition (BCC) kita akan berlomba dalam memecahkan suatu persoalan bisnis.

Bila pada marketing competition kita diposisikan layaknya seorang staf pemasaran, pada BCC kita akan diposisikan layaknya seorang konsultan bisnis. Pada perlombaan ini sobat warta akan disajikan sebuah kasus pada perusahaan tertentu. Dalam proses perlombaan para peserta akan dituntut untuk  mengidentifikasi masalah utama sampai memberikan sebuah solusi yang konkrit seperti analisis strategi keuangan, perhitungan risiko. Lewat BCC kita akan melatih problem solving dan analytical thinking skill yang akan menjadi basic skills kita bila ingin menjadi seorang pebisnis.

Manfaat Mengikuti Lomba Bisnis

Selain melatih skill bisnis kita, lomba bisnis juga dapat memberikan keuntungan lebih dari itu. Terdapat hal-hal materil dan non materil yang kita dapatkan lewat mengikuti berbagai lomba bisnis. Berikut adalah beberapa manfaat mengikuti lomba bisnis, diantaranya ialah:

  1. Memperluas Koneksi

Dengan mengikuti lomba bisnis, kita akan bertemu dengan peserta-peserta lain yang mempunyai latar belakang yang berbeda-beda., serta dengan berbagai ide kreatif yang mereka bawa. Oleh karenanya lewat ajang perlombaan ini sobat warta dapat meluaskan jejaring untuk mengenal teman-teman yang dapat berpotensi untuk diajak bekerja sama dalam ajang-ajang perlombaan lainnya.

  1. Sarana Promosi Bisnis

Bila kita berpartisipasi dalam lomba bisnis tentunya kita akan mempresentasikan ide dan rancangan bisnis kita kepada banyak orang. Jadi, dengan mengikuti lomba bisnis kita dapat menjadikan momen tersebut sebagai sarana untuk memberikan informasi kepada banyak orang mengenai rencana bisnis yang akan kita realisasikan.

  1. Sumber Modal Bisnis

Modal yang didapatkan tidaklah seberapa, sebab modal berupa dana yang akan kita dapatkan dari lomba bisnis merupakan hadiah bila kita dapat memenangkan kompetisi tersebut. Namun selain modal materil kita juga dapat menjadikan momentum lomba sebagai modal non-materil seperti menggaet stakeholder yang ada dalam kompetisi tersebut.

Sekarang sobat warta sudah tau kan lomba apa saja yang dapat diikuti untuk mempertajam keterampilan untuk menjadi seorang pebisnis.Yuk, mulai mencoba ikut lomba bisnis  karena menjadi seorang pebisnis juga membutuhkan aksi nyata dengan cara learning by doing!

“Jangan temukan pelanggan untuk produk Anda, temukan produk untuk pelanggan Anda.” – Seth Godin

Penulis: Elang Permana Hakim
Editor: Malika Ade Arintya dan Alya Fathinah

Leave a Reply

Your email address will not be published.