ilustrasi samudra fpik unpad
(ilustrasi: Abel Josafat)

Pada Minggu (19/9) lalu, BEM Kema FPIK Unpad mengadakan webinar bertajuk ‘Samudera: Break Your Limits’ dengan mengangkat tema “How to Upgrade Yourself Through Public Relations and Networking”. 

Kegiatan dimulai pukul 10 pagi dengan materi public speaking oleh pemateri Rizky Ramadhan, runner up Putra Padjadjaran 2020. Rizky menggunakan karakter Arini dari film Love for Sale (2018) untuk mencontohkan sikap yang tepat kala menjadi seorang humas, seperti menjadi tepat waktu, peka sosial, dan sensitif. 

“Walaupun Arini memiliki banyak sikap yang bagus dari seorang humas, ia juga memiliki sikap yang tidak boleh kita contoh yaitu kebiasaan ghosting/lost contact” terangnya.

Tidak berhenti di situ, ia mengubah model penyampaian materi dengan turut melibatkan partisipan, seperti dengan memberikan contoh chat dan meminta partisipan untuk mengidentifikasi kesalahannya. Ia juga tak lupa menyampaikan etika dalam berkomunikasi sebagai humas serta do’s & don’t-nya.

Berikutnya, di sesi kedua, acara berlanjut bersama pemateri kedua, Resy Permatasari, delegasi Unpad untuk Harvard MUN 2021, dengan materi networking & personal branding. Ia memulai dengan memaparkan asumsi yang salah mengenai personal branding yang banyak dianggap sebagai pencitraan. Ia juga menjelaskan berbagai hal terkait personal branding seperti sumber dan dampaknya. 

Guna membangun jaringan, Ia mengajak partisipan untuk berhenti menjadi partisipan pasif dan mulai menjadi lebih aktif dengan membangun jaringan, baik dengan pemateri maupun partisipan lainnya. 

“Don’t take things for granted,” ucapnya kala pemaparan materi tersebut mengingat umumnya perilaku pasif para partisipan yang cenderung hanya datang untuk materinya saja.

Ia juga memaparkan pentingnya pemanfaatan media sosial seperti Instagram dan Linkedin dalam personal branding dan membangun jaringan kita. Persepsi bahwa media sosial hanya sebatas media hiburan juga diajak untuk diubah mengingat banyaknya peluang yang tersedia dengan keberadaan platform tersebut. 

Reporter: Abel Josafat

Editor: Hatta Muarabagja

 24 total views,  2 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published.