(Sumber: Photo by Nguyen Dang Hoang Nhu on Unsplash)

Halo Sobat Warta!

Tidak terasa sebentar lagi semester genap ini akan segera selesai. Artinya, sobat warta akan menghadapi masa Ujian Akhir Semester nih! biasanya di akhir semester seperti ini, sebagian dari sobat warta mungkin sudah merasa lelah ya, sehingga rasanya berat untuk menghadapi UAS ini.

Nah, untuk membantu sobat warta mempersiapkan diri menghadapi UAS nanti, warta kema punya beberapa tips dan trik nih, baik untuk menjaga produktivitas sobat warta di akhir semester, maupun tips dan trik untuk menghadapi UAS nanti. Beberapa tips dan trik ini berasal dari salah satu mahasiswa berprestasi, yaitu Zaky Faza Halimi, atau akrab dipanggil Zaky, dari  Fakultas Ekonomi dan Bisnis, angkatan 2018. Yuk disimak baik-baik, mungkin saja ada salah satu tips maupun trik yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan diri menjelang UAS.

1.Ketahui hal yang dapat meningkatkan mood

(Sumber: brown and black cardboard blocks (unsplash.com))

Menjaga mood merupakan salah satu hal yang penting dilakukan nih sobat warta. Dengan menjaga mood, kita dapat melakukan berbagai aktivitas dengan lebih mudah dan senang hati. Nah, untuk mengetahui hal yang dapat meningkatkan mood dapat dimulai dari mencari aktivitas yang digemari sobat warta ya.

2. Perhatikan batasan waktu

(sumber: Photo by insung yoon on Unsplash)

Dalam satu hari, hanya terdapat 24 jam, maka perlu diperhatikan pembagian waktu yang akan digunakan. Hal ini bertujuan untuk menghindari waktu tidur yang kurang dan nantinya berpeluang menyebabkan kesehatan tubuh terganggu. Berkaca dari pengalaman Zaky yang memiliki kesibukan berkuliah, mengikuti lomba, dan berorganisasi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Beberapa diantaranya adalah waktu perjalanan pulang-pergi kampus, waktu berorganisasi, waktu belajar (baik untuk persiapan lomba maupun ujian biasa), dan yang terpenting adalah waktu untuk beristirahat.  

3. Merangkum materi

(sumber: Photo by Aaron Burden on Unsplash)

Saat merangkum materi, ada baiknya jika rangkuman tersebut dapat seefisien mungkin mencatat keseluruhan dari materi yang disampaikan. Berdasarkan pengalaman Zaky, salah satu metode merangkum yang sering digunakan adalah Cornell method dan box method. Baginya, kedua  teknik ini cukup efisien jika dibandingkan harus merangkum dengan cara tradisional. Selain itu, metode ini dapat membuat catatan terlihat estetik, sehingga dapat dengan nyaman dibaca kembali. 

Saat merangkum materi dengan Cornell method, kertas rangkuman akan dibagi menjadi 4 ruang. Ruang pertama untuk menuliskan judul berada di bagian atas. Ruang kedua ada di bagian kanan adalah yang paling besar untuk menuliskan intisari materi yang diajarkan. Ruang ketiga berada di samping ruang kedua namun dengan kotak yang lebih kecil untuk menuliskan kata kunci dan komentar. Ruang terakhir berada di bawah, untuk menuliskan sedikit rangkuman dari intisari yang telah ditulis sebelumnya.  Untuk lebih jelasnya, dapat dilihat contoh berikut

(sumber: https://milenialis.id/metode-mencatat-efektif-cornell-note-system/)

4. Review dengan teman terdekat

(sumber: https://www.fnu.edu/10-reasons-form-study-group/ )

Ada kalanya, masa belajar menjadi waktu terpanjang untuk dijalani. Jika sobat warta merasa seperti itu, belajar bersama menjadi tips yang patut dicoba. Dengan mengulang materi bersama teman, kita bisa mendapat suasana baru yang tidak menjemukan. Menurut Zaky, salah satu teknik untuk memahami materi adalah dengan cara mengajarkan materi kepada teman seangkatan. Menurutnya, saat kita akan menjelaskan sesuatu, kita secara tidak langsung pasti memahaminya terlebih dulu, agar orang yang menerima materi kita dapat menerimanya dengan baik.   

5. Perhatikan standar kompetensi

Standar kompetensi adalah hal yang sering dilupakan oleh mahasiswa, karena terlalu terfokus pada materi yang sudah bertumpuk di depan mata. Padahal standar kompetensi ini akan memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai apa yang akan diujikan. Selain mencermati standar kompetensi, bagi Zaky akan lebih baik jika kita juga memprediksi soal apa yang akan diberikan untuk ujian nantinya. Hal ini dapat membuat kita merasa lebih siap dan percaya diri untuk menghadapi ujian. 

6. Membaca untuk Improvisasi Jawaban

(sumber: Photo by Joel Muniz on Unsplash)

Jika ujian yang akan dihadapi berupa essai dan diharuskan untuk mencantumkan pendapat pribadi, ada baiknya jika sobat warta mulai meningkatkan frekuensi membaca. Hal ini dapat memudahkan untuk menjawab pertanyaan dengan tipe seperti itu. Selain menambah pengetahuan, saat menjawab pertanyaan essai nantinya, sobat warta dapat mengaitkan jawaban dengan informasi terkini sebagai penunjang atau penguat opini. Namun, informasi yang dikaitkan harus benar sesuai dengan jawaban sobat warta ya, jangan sampai berceloteh kemana saja.

Nah itulah beberapa tips dalam menjaga produktivitas dan meningkatkan kesiapan ujian sobat warta. Dari beberapa tips di atas, semoga ada yang cocok ya dengan sobat warta! Selamat mencoba. 

Reporter : Lolita

Editor : Fahmy Fauzy Muhammad

Tags : Tips menghadapi UAS, cara menghafal materi belajar, Tips Ujian

Leave a Reply

Your email address will not be published.